Kompetisi Antar Klub Asean

JAKARTA: Koordinator timnas, Bob Hippy, mengungkapkan bahwa nantinya akan ada sebuah kompetisi antarklub yang diikuti oleh negara-negara di ASEAN. Menurut Bob, rencana tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan menteri olahraga se-ASEAN yang digelar di Yogyakarta pada 2011 lalu.

"Kami sedang membahas dan memantangkan format kompetisi ini di Hong Kong," kata Bob.

Bob menjelaskan, rencananya kompetisi akan menyerupai format Unity Cup dimana setiap negara hanya diwakili oleh satu klub. Format tersebut akan menggunakan sistem home and away.

Bob mengatakan, gagasan menggelar kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Asia Tenggara.

"Tak hanya soal pertandingan saja. Kompetisi ini juga untuk kemajuan prestasi sepak bola Asia Tenggara," tambahnya.

Menurutnya, format kompetisi bisa sedikit berubah karena kompetisi itu nantinya tidak hanya diikuti oleh negara ASEAN. Ada wacana dua negara kuat sepak bola yang tergabung di Federasi Sepak Bola Asia (AFC) yakni Jepang dan Australia akan mengikuti kompetisi ini. "Namun belum ada keputusan tentang mekanisme kompetisi sampai saat inu," beber Bob.

Sebelumnya, Indonesia dan Malaysia sudah menggagas Unity Cup yang mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Kelantan FC pada Desember 2011 lalu. Persebaya tampil sebagai juara setelah mengalahkan Kelantan FC dalam pertandingan home and away.(kps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar